Bukune Pak Umar Kayam, waduuuuhhhhhh……

Baru baca sketsa-sketsa-nya Pak Umar Kayam “Mangan Ora Mangan Kumpul”. Ketinggalan banget kan? Ya kayak ga tau aja. Kan jatahnya kalau gak dapet pinjeman dapat bekasan ya, hehe…..

Wah, ternyata….. Nyesel saya gak baca dari dulu-dulu. Baguuuuuusssssss………. banget. Selera saya banget. Dari lebih dari seratus sketsa yang ditulis beliau, ga ada satupun yang saya ngga suka.Ketika membaca sketsa beliau, serasa saya juga ikut duduk di teras itu, mendengarkan suara beliau yang berat, dalam, dan bantas itu (padahal seumur2 belum pernah denger suara beliau, hehe….), ikut nglesot bersama Mr. Rigen, ikut playon di halaman bersama Beni si bedes cilik.

Pas udah sampai halaman terakhir… yah… kok udah abis sih? mau lagi… mau lagi….!!!!!!

Insyaallah nanti cari lagi tulisan-tulisan beliau.

Dulu saya beranggapan (dan ternyata banyak anggapan-anggapan saya yang nggak valid alias salah besar) karena Umar kayam tuh orang pinter, budayawan, dosen, pasti buku-buku yang ditulis beliau tentang hal-hal besar, temanya berat-berat, bahasanya tinggi dan susah……

Ternyata, seperti bukunya Andrea Hirata, bagi orang bodoh dan orang awam macam saya, tulisan beliau sangat menghibur, bagi orang-orang yang pinter, tulisan beliau ‘dalam’ dan sangat patut direnungkan…….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s