KEBUN MINI KAMI….

Beginilah kalau tanah sempit tapi banyak cita-cita……..

Luas tanah yang mampu kami beli cuman 150 m2. Tapi maunya banyak, haha…. Mau ada halaman depan, mau ada halaman belakang, mau ada kolam ikan, mau ada garasi, sapa tau nanti ada rejeki bisa beli mobil….. 😉

Jadinya ya begitulah…. halaman depan sekian senti, halaman belakang sekian senti, kolam ikan sekian senti….. semua serba mungil. Udah itu masih mau aneh2 lagi….. Wah, kayaknya enak nih kalau bisa nanem2…. Mau nanem apa di halaman belakang yang nggak lebih dari 4 x 3 m?

Tadinya halaman belakang dipakai abang untuk nyimpen tanaman Abang yang menurutnya lumayan worthy (padahal cuman beberapa anthurium dan aglonema yang sekarang semua dah lewat masa…. 3:) ……..) Saya yang nggak seberapa suka sama tanaman2 tersebut (karena nggak ada bunganya, anthurium apalagi ijo2 doang gak ada variasi) gak pernah serius ngelaitin. Paling muji2 dikit kalau mereka sedang dalam peak appearance.

Beberapa waktu yang lalu, adik Abang yang tinggal sama kami gak sengaja ( atau iseng2 saya kurang jelas) naburin biji tomat di salah satu pot anthurium. Eh, ternyata numbuh dan nambah hari daunnya nambah banyak.

Bibit2 tadi akhirnya kami beliin tanah (ya, kami harus beli tanah karena nggak punya tanah yang memungknkan untuk digali… liat paragraf pertama…. 😉 …..) dan polibag untuk mengakomodasi kebutuhan makanan dan ruang mereka. Jadi sekitar 12 kantong.

Ngeliat ternyata tomat tsb makin hari makin gede, kami jadi semangat. Ah, mungkin kalau tanaman lain bisa juga numbuh kali ya…. pikir kami. Trus mulailah semua yang ada bijinya dan masuk rumah kami, berakhir di pembibitan (nanemnya di mana aja… kalau dah numbuh baru mau kami pindah). Mulai dari biji cabe (baik rawit maupun keriting), salak, kurma (pas puasa kemarin kan agak sering makan mereka), melon, blewah, lengkeng, jeruk, apa aja dicemplungin. Ada juga yang nggak berbiji tapi pas beli dari pasar ada akar ata rimpangnya, masuk jugaaa……. Kayak jahe, kunyit, kencur, daun bawang, seledri, bawang merah, bawang putih, ibu tiri (eh bukan ding…. 😀 …..), sereh, kentang, de el el juga.

Trus kami dengan sabar, kadang-kadang dengan tidak sabar juga, hehe…. menunggu mereka tumbuh. Inilah hasilnya:

Tomat: udah tinggi banget, sampai udah 3 kali diganti bambu penyangganya karena terus numbuh ke atas, tapi belum keluar bunga juga. Kayaknya mereka minum susu Hi-lo nih….. (numbuh tuh ke atas…. bukan ke samping….)</p

si 'anak sulung'

Cabe keriting: alhamdulillah, numbuhnya bagus banget. Beberapa di antara mereka dah mulai muncul bunga. Mudah2an sukses deh. Gak sabar pengen panen…

anak kedua yang kayaknya bakal duluan panen, amiiin...

Salak: belum ada yang numbuh tuh….

Kurma: eh, beberapa udah keluar akar! padahal ini biji yang kami paling pesimis. Pengin liat bisa sampai kayak mana. Gak buah ga papa lah, bisa liat dia berdaun aja pasti kami dah seneng banget.

Melon, blewah: numbuh sih numbuh, tapi kayaknya si melon ga mau ditanem di polibag. Daunnya mungil2. Si blewah numbuh, tapi karena pas dibibit di pot yang tanahnya keras, dia gak kuat nancepin akarnya. kayaknya ga ada harapan….

Lengkeng: dari sekian yang ditanem ada dua yang berhasil sampai tahap berdaun lebih dari empat lembar. Tapi kami yang jadi bingung. Emang kalau gede mau ditanam di mana???!!!????

Jeruk: gak sengaja ditanam, ada dua biji yang keluar daun. Tapi masih kecil banget….

Daun-daunan: Daun bawang yang paling cepet numbuh. Tapi ada yang tiba2 busuk tanpa tau alasannya. Tapi ada beberapa pot yang masih selamat, dengan daun sekitar 10 cm. Seledrinya meninggal dunia, padahal kemarin sempet numbuh bagus….

Kunyit, jahe, sereh: kayaknya yang tiga ini mau berhasil deh. Perkembangannya menggembirakan.

Kencur, kentang: belum ada tanda2…..

adik2 bayi yang mudah2an segera menyusul kakak-kakaknya (halah lebayyyy..... 😀 ....)

Advertisements

One response

  1. how are you!This was a really exceptional website!
    I come from milan, I was fortunate to find your theme in wordpress
    Also I get much in your theme really thank your very much i will come again

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s