JUST WANNA SHARE….

Pengen cerita tentang sakit yang sedang diberikan pada saya. Kata dokter nama penyakitnya Bell’s Palsy. Nih penyakit emang agak nggak umum, artinya jarang orang yang terkena. Bell’s Palsy adalah keadaan di mana sistem  syaraf salah satu sisi wajah (bisa kiri atau kanan) mengalami kelumpuhan sementara. Penyebabnya bisa macam-macam, tapi biasanya adalah karena serangan virus, misalnya flu atau batuk berat, infeksi telinga, serangan virus herpes simplex (yang kita kenal dengan istilah gondongan- ternyata penyakit yang selama ini kita anggap sepele bisa juga berbahaya ya…) dan lain-lain.Tapi bukan stroke, karena yang diserang (kata fisioterapisnya) adalah syaraf periferal (gak yakin ejaannya benar) atau syaraf tepi, kalau stroke kan syaraf otak (pusat). Juga bukan karena darah tinggi, soalnya tekanan darah saya juga normal.

Memang sih enggak sakit, cuman mungkin sedikit sakit di bagian dalam telinga, kayak kalau kita bersihin telinga terus kesodok nggak sengaja atau kedaleman itu, jadi agak nyut-nyutan kan…. Tapi enggak nyaman sama sekali, soalnya mukanya sebelah nggak mau bergerak. Nomor satu adalah gak enak diliat dari segi penampilan. Kalau ngomong sebelah, apalagi senyum atau ketawa. jadi males kan. Nomor dua nggak nyaman melakukan hal-hal sepele yang selama ini kita take them for granted aja, misalnya pejem mata (jadi gak bisa sempurna, jadi kalau kena angin, cahaya, atau lagi cuci muka or wudhuan, jadi pedessss….), kumur2, bersiul, ngelipet lidah (kan kita suka main2an gulung lidah itu), ngunyah sebelah (karena nggak ada respon menghisap atau mengatur makanan). Pokoknya nggak enak deh.

Obatnya? Ya minum obat2an dari neurolog, fisioterapi untuk merangsang kembali syaraf biar aktif lagi…. But they take time…… Kata dokternya, kalau langsung ditangani, mungkin sekitar 6-8 minggu…. wew…. lama banget, saya kan harus ngajar….. Sekarang ini kalau ngajar ditulis aja di papan. tapi nggak lucu kan kalau terus2an…. masa guru bahasa Inggris gak pernah ngomong….

Kalau dari info yang dibaca di internet sih, seringnya penyakit ini bisa baik sendiri tanpa pengobatan, in a couple of weeks…. Tapi ada juga yang keluhan2nya tetep tinggal, misalnya yang mata nggak bisa pejem sempurna itu, atau sinus, atau yang lain…. naudzubillah, saya nggak mau itu. aya mau cepet sembuh….

Jadi selain ke THT, neurolog dan fisioterapi, saya coba terapi ceragem juga…. Wah, ternyata enak…. satu lagi, ketemu satu lagi komunitas yang selama ini belum pernah ada yang kenal deket… orang Chinese. Ibu yang punya ceragem ini baeeekkk….. banget, kalem, sayang banget ama anaknya (jadi ngebandingin saya yang suka marah2 terus ama Hafiz)…. pokoknya dapat banyak pelajaran deh ketemu ibu ini. saya yakin semua sudah jadi rencana Allah buat saya.

Trus, tadi coba lagi terapi diurut di tempat yang jauuuuuhhhhhhh……. banget, walaupun masih wilayah Bogor juga. Banyak juga hal-hal yang bisa diambil dari perjalanan hari ini….. Ketemu lima ibu2 yang juga mau diurut…. orang Betawi. Ngomongnya persis sama kayak film si Doel. Trus rumah bapak yang punya tempat pengobatan itu jaraknya satu (baca SATU) meter dari sekolah SD (atau MI, soalnya kami di belakangnya). jadi kalau kita duduk di teras rumah beliau, kita bisa sekalian ikut sekolah, soalnya bapak/ibu guru yang lagi ngajar suaranya terdengar dengan sangat jelas dari situ. Pikir saya, kalau pengawas pengen melihat kinerja guru di situ, duduk2 aja di teras itu, hehe….. Kita bisa tau persisi apa yang dilakukan guru dan anak2…. Tadi kayaknya pak guru mengajar IPS kelas 4 soalnya materinya sama kayak materi pelajaran Hafiz. Pak guru mah nerangin ke mana, anak2 ngobrol ke mana……. Hehe…. tapi pak gurunya sabar banget, kalau saya mungkin gak bakalan bisa seperti itu……

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s